PERANGKAT PEMBELAJARAN
Kompetensi Inti
KI-1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, (toleransi, kolaborasi), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 Mencoba, mengolah, dan menyaji alam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
3.4 Menerapkan Prinsip-prinsip Fluida Dinamik dalam teknologi
4.4 Membuat dan menguji proyek sederhana yang menerapkan prinsip dinamika fluida
Indikator Pencapaian
3.4.1 Menganalisis Asas Bernoulli dan kaitannya dengan besaran-besaran pada fluida (C4)
3.4.2 Mengaitkan penerapan Asas Bernoulli dalam kehidupan sehari-hari (C3)
4.4.1 Melakukan percobaan Asas Bernoulli sederhana dan dengan melakukan Praktikum sederhana kemudian mempresentasikan hasil percobaan dan percobaan Asas Bernoulli pada fluida
Tujuan Pembelajaran
Dengan melakukan percobaan dan pengamatan melalui percobaan Hukum Bernoulli, peserta didik secara mandiri dapat:
Siswa memahami konsep fluida dinamis dalam kehidupan sehari-hari.
Siswa dapat mengamati dan menganalisis bagaimana hukum Bernoulli bekerja pada suatu sistem
Siswa dapat melakukan percobaan sederhana dan menarik kesimpulan dari hasil pengamatan.